Minggu, 01 Agustus 2010

Pertama kali ‘Motret Wedding’


Sejak jadi freelance fotografer, beberapa teman sering minta tolong difotoin, narsis, dokumentasi, prewedding atau foto grup semuanya sudah pernah saya cicip. Hasilnya lumayan memuaskan, paling tidak selalu ada progresslah di tiap kesempatan motret dengan konsep yang sama.

Kemarin seorang teman minta tolong untuk bantu dia motret dokumentasi pernikahan, jelas ini first time experience bgt buat saya, yang penting BISMILLAH, hahahaha. Dan hasilnya adalah kebodohan kebodohan berikut:

Gak tau cara nyetting flash yang bener, ditambah pake acara salah masukin batre yang berakibat SAMPAI HARI KIAMAT pun indikator on tidak akan menyala meskipun ditekan sejuta kali.

Bingung pilih White Balance (WB) yang tepat, sampai pada akhirnya hanya pake WB flash trs, kalo ambience lampu nya sudah terlalu kuning baru pake WB tungsten, dan barusan saya sadar bahwa saya motret pake RAW, yang berarti KENAPA HARUS REPOT2 GONTA GANTI WB??? *karena penggunaan format RAW membuat WB bisa diatur kembali di PC. Tapi disisi lain pake format RAW adalah sedikit lebay untuk sekedar memotret dokumentasi, karena bikin boros memori dan batre.

Sempet BLOKING!!! Bukan apa2 c, kalo ini lebih ke alasan teknis saja, rungan sempit dan teman2 pengantin yang ternyata banyak yang fotografer jelas membuat ruangan makin penuh sesak akhirnya saya coba ambil angle beda ketika prosesi ijab, yaitu membelakangi calon pengantin. Peduli setan kalo semua yang ngambil gambar dari angle depan jadi ADA SAYANYA DI DALEM FRAME??? Hahaha…

Dan inilah PUNCAK KETOLOLAN saya, yaitu LUPA BUKA CAP LENSA waktu mau motret pengantin beserta keluarganya, ultimate silly!!! Hahahahaha...

Banyak kesalahan lain sebenarnya, tapi yang jelas hari itu juga saya belajar banyak, dari teman yang sudah berpengalaman dan juga dari situasi pemotretan itu sendiri. Bagaimana seharusnya kita tetap terlihat professional meski gambar yang kita hasilkan shake, gak fokus or anything u name it…Seneng banget sekaligus merinding karena bisa turut mengabadikan salah satu moment terpenting dalam hidup dua orang anak manusia yang kelak akan menghabiskan sisa hidup bersama, hehehe…*mulai berlebihan. Oke photolovers, till next post ya, toss dulu ah!!!

1 komentar:

  1. first time experience = grogi..
    but, hasilnya tetep oke kok.
    paling suka sama foto ke tiga yang captionnya Pengantin dan Keluarga itu.. pas aja!

    good job!n maju terus!kikiki

    BalasHapus