Kamis, 10 April 2008

Tips Trick Saat Ujian

Bwt catatan j tips di sini saya sesuaikan dengan pengalaman saya which is kuliah di sospol, bwt kalian yang ank eksak mungkin bakalan rada beda, so check it out:

  1. Preper yang baik, bawa alat tulis selengkap mungkin, ushakan jgn saling meminjam karena selain bs dituduh g modal, para pengawas biasanya emg rada gak suka ma kegiatan tolong menolong ini, and for note lengkap disini bukan berati kita juga harus bw meja belajar kita, bw j alat yang kiranya akan dipakai seperti pulpen, penggaris, pemecah es (loh…!?)
  2. Dateng lebih awal, klo d yg blg dateng tepat waktu pd saat ujian that’s totally wrong, bwt kalian yang emg cedas c gpp, tp bwt yang pas2an mestinya nyadar and dateng sebelum wktny, waktu stb dipake bwt masukin mood kalian ke mode serius, bukan mode ngos-ngosan karena dateng mepet nd dikejar anjing pula pas berangkatnya, secara psikologis ini membuat kita lebih siap, datanglah 30 menit sebelum ujian.
  3. Setelah soal dibagi, baca dulu dengan urut secara keseluruhan, biar kita bs prediksi durasi pengerjaannya, teknik ngegarapnya dll cukup dijawab teoritis j ato musti pjg lebar, ini ptg bwt dilakukan karena seperti banyak orang bilang rajin pangkal pandai eh salah…kalo pemahaman soal qt baik udah stengah pertempuran kita menangkan.
  4. Kerjakan dulu yang mudah, ini penting bwt menghemat waktu, kalo ada perintah kerjakan dengan urut juga gak masalah, toh kita juga urut kok, urut dari yang mudah tapiny hehehe…, jgn lupa bwt pointer2 jawaban yang kalian uda tau dari soal tsb di kertas soal, ini ptg dilakukan karena sekali lg manusia itu t4ny lupa, biar kata uda ngapalin ampek mencret juga bs aja gr2 terlalu konsen ngerjain 2 nomor sebelumnya jawaban nmr 3 jd lupa kn?
  5. Kerjakan dengan tulisan rapi dan jelas, sertakan opini yang didukung bukti2 aktual makanya jgn males baca kompas, bobo dan tabloid pulsa, lengkapi dengan grafik, indikator, tabel data sehingga tulisan kita isinya gak mengarang indah doang, and please be smart enough to draw it using u’r ruler, biar gak dikira “Ini anak ngapain gambar uler tangga disini….!?”
  6. Terakhir sebelum ninggalin ruangan recheck smua hasil kerjaan kamu pastikan gak ada yang tercecer, and jgn lp cek juga kolom nama, nim, nama dosen dll sudah terisi dengan baik dan benar.


1 komentar: